Hal Penting bagi Pengguna Teknologi

Yang perlu diperhatikan oleh pengguna teknolgi diantaranya adalah :

1. Membersihkan gadget bila  kotor

Bersihkanlah  telekomunikasi Anda kotor. Menurut sebuah penelitian, 16 persen dari sampel ponsel yang pernah disurvey ternyata terkontaminasi dengan bakteri E.coli, bakteri yang ada pada kotoran manusia dan umumnya ditemukan dalam usus besar manusia. Survey ini mencoba mengungkapkan bahwa orang tidak mencuci tangan dengan benar setelah ke toilet. Bayangkan jika setelah itu Anda memegang gagang pintu, makanan, atau ponsel, bakteri tersebut bisa pindah ke orang lain atau masuk ke dalam tubuh. Sementara itu keyboard ternyata mengandung kuman 60 kali lebih banyak dari dudukan toilet umum. Karena itu biasakan membersihkan perangkat komputer / telekomunikasi  untuk mengurangi pertumbuhan virus dan bakteri yang bisa membuat Anda sakit.

2. Tidak boleh Terobsesi oleh Hape

Bagaimanapun, perangkat telekomunikasi seperti smartphone telah banyak membantu kita dalam kehidupan sehari-hari untuk berkomunikasi. Namun ingat, gara-gara gadget tersebut hubungan kita dengan teman dan anggota keluarga terabaikan . Karena itu, pakailah smartphone di saat yang tepat. Jangan sibuk chatting-an / berjejaring sosial terus saat sedang makan dengan keluarga/teman, jangan chatting saat sedang berbicara dengan orang, dan pelankan suaramu ketika berbicara di tempat umum.

3. Memback-up data

Sebagian besar dari kita mungkin masih banyak yang belum memback-up isi komputer secara teratur. Back-up data Anda ke hard drive eksternal dan pastikan bahwa dokumen dan data-data penting  diback-up dan disimpan di tempat yang aman.

4. Atur waktu dengan baik

Anda maniak game atau ? Jika iya, jangan sampai keasyikan nge-game dan lupa waktu. Apalagi sampai lupa makan dan istirahat. Duduk dalam jangka waktu yang lama bisa berbahaya buat jantung dan muncul gumpalan darah yang fatal. Sementara itu, kebanyakan duduk diam (kurang beraktivitas) juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan. sebab itu ,cobalah untuk istirahat sejenak dan melakukan peregangan otot setiap 15 menit untuk memperlancar peredaran darah dan mengistirahatkan mata.


5. Menyimpan gadget Sebelum tidur

 Membawa tablet, smartphone atau laptop ke tempat tidur di malam hari seringkali menjadi penyebab utama masalah tidur. Pasalnya otak Anda akan dirangsang untuk berpikir terus, sehingga menunda fungsi tubuh untuk tertidur. Karena itu cobalah untuk menjauhkan hape laptop dari kasur, tutup dan matikan semua gadget Anda sebelum tidur.

6. Memakai password yang rumit

Apakah Anda memakai password yang mudah ditebak, misal 1234 atau abcd? Jika iya , Anda berisiko besar untuk kena hack. Ujung-ujungnya, data dan identitas Anda jadi sasaran hacker. Gunakan password yang kuat agar akun Anda tidak mudah dibobol.karna sekarang banyak orang yang iseng di dumai

&. Merawat baterai

Agar baterai awet, Anda perlu mengoptimalkan pemakaian baterai gadget / laptop Anda. Usahakan isi baterai sampai penuh saat baru pertama kali digunakan . jika tidak dipakai taroklah ditempat yang dingin dan jauh dari anak-anak kecil .

Artikel Terkait