Tips Sahur

Tips SahurSelama berpuasa tubuh kita tidak mendapatkan suapan makanan dan minuman, Sekitar 14 jam kurang lebih .
Sahur sangat dianjurkan agar daya tahan tubuh dan tenaga kita stabis saat berpuasa , sahur disunatkan dekat imsak . Sahur perlu diperhatikan sebab Menu makanan  yang dikonsumsi saat sahur dapat mempengaruhi kondisi si Soim atau yang puasa 
” Agar memiliki tubuh yang bugar saat berpuasa, maka menu karbohidrat yang baik untuk sahur adalah ubi , jagung, singkong, oatmeal, roti gandum, nasi merah dan buah buahan” kata  Dr.Paidhon.L.Toruan.MM
Menurut Dr.Paidhon.L.Toruan.MM ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita sahur agar tidak lemas dan tetap bugar selama berpuasa . yaitu :

  1. Mengkonsumsi karbohidrat kompleks.

    Karena karbohidrat kompleks lebih lambat dipecah atau diubah jadi gula darah, dengan demikian gula darah akan tetap stabil.selain itu karbohidrat kompleks juga membantu metabolisme energi tubuh. Contohnya :buah segar, sayuran, roti gandum, nasi merah dan ubi manis.

  2. Mengkonsumsi sayur dan buah-buahan saat sahur

    Berpuasa bagi tubuh adalah salah satu program detoksifikasi.Salah satu pembersih utamanya adalah serat tidak larut yang ada didalam sayuran.Sedangkan buah buahan yang dikonsumsi berguna untuk menyuplai antioksidan yang diperlukan untuk kebutuhan sehari hari.

  3. Hindari mengkonsumsi gorengan saat sahur.

    Gorengan yang dikonsumsi seseorang akan membuat sel darah merahnya menggumpal seperti pacar cina, hal ini bisa membuat seseorang mengantuk di siang hari.Karena itu agar tetap bisa beraktivitas seperti biasa di saat puasa, kita perlu memerhatikan asupan di saat sahur.

  4. Mengurangi makanan yang manis manis ketika sahur.

    Makanan yang manis akan menyebabkan tubuh melepaskan insulin dengan cepat,sehingga memicu rasa lapar lebih cepat.Makanan yang manis hanya bertahan 2 jam setelah dimakan, padahal kita harus berpuasa selama 14 jam, jadi, ada waktu selama 12 jam yang membuat tubuh kita terasa lemas.

  5. Minum air putih yang cukup ketika sahur
    Yang juga perlu diperhatikan adalah minum air putih yang cukup, agar kebutuhan cairan tubuh tidak terganggu.Sedangkan minum kopi atau soft drink saat sahur sebaiknya dihindari, karena bersifat diuretik yang bukannya memberi air bagi tubuh, malah menghabiskannya.
Sekian tips sahur semoga manfaat sumber : bundadontworry.wordpress.com

manfaat sahur

Artikel Terkait