Hikmah Dibalik istinja ( Bersuci )

   Secara gampangnya istinja atau bersuci adalah membersikan najis dan kotoran .Kotoran berbeda denga  najis , najis lebih khusus dibandinf kotoran sebab setiap najis pasti kotor tidak setiap kotoran najis . 

      Menurut syariat atau agama istinja ialah menghilangkan kotoran yang mengenai tempat keluarnya kotoran dengan  menggunakan air atau batu dan yang lainnya seperti kayu .

  cara istinja (bersuci ) yang sempurna dan uatama  adalah dengan metode mengusap sisa kotoran yang keluar dengan menggunakan tiga batu sehingga hilang bentuk najisnya kemudian  diiringi dengan menyiramnya atau membasuhnya dengan air agar hilang bekas najis tersebut .Namun itu yang utama tapi dibilehkan istinja hanya menggunakan salah satu dari air atau batu , yang dianjurkan adalah dengan Air .

Hikmah Dibalik Istinjak ( Bersuci )
 
      Secara medis menurut kedokteran sistem pencernaan dalam tubuh manusia sangat rumit,kompleks,dan mengagumkan . Makanan yang  masuk kedalam perut mengalami proses yang lama baru ahirnya keluar dalam bentuk kotoran yang menjijikan .Alat pencernaan manusia ibarat laboratorium kimia yang mempunyai kemampuan hebat.Ia memperoses setiap makanan yang masuk kedalam perut secra telaten dengan bantuan getah lambung dan zat asam. Zat asam yang dikeluarkan oleh kelenjar-kelenjar sudah memiliki ukuran yang pas .Jika volume zat asam yang dikeluarkan oleh kelenjar itu kurang sedikit dari ukurannya ,maka makanan itu tidak bisa hancur.demikian juga jika yang dikeluarkan terlalu banyak,maka kesehatan tubuh manusia akan terganggu .

     Setelah tubuh menyerap unsur yang bermanfaat dari apa saja yang kita makan dan minum  ,maka ampasnya  didorong untuk dikeluarkan dalam bentuk air dan kotoran .Jika ini tidak dikeluarkan,akan membahayakan tubuh kita .Sebab air kencing dan kotoran tadi mengandung banya bakteri dan kuman.

Maha Suci Allah telah  merancang tubuh manusia dengan memiliki sistem pemberesihan kotoran dari dalam secara otomatis .Ini membuktikan kebersihan sudah merupakan fitrah manusia .yang patut kita jaga dan syukuri .

      Di dalam air kencing dan kotoran terdptbakteri dan cacing.oleh sebab itulah Islam mewajibkan istinja.Istinja dilakukan dengan membersihkan sisa air kencing dan kotoran(yang keluar dari anus ) yang masih  melekat setelah melakukan aktivitas buang air dengan menggunakan metode diatas tadi yaitu dengan menggunakan air atau batu .

       Kondisi kemaluan dan anus yang lembab , sangat ideal bagi kuman untuk hidup dan berkembang biak.Denagan membersihkan kemaluan,seseorang akan terhindar dari radang saluran kencing dan berbagai macam penyakit kulit yang disebabkan menumpuknya mikroba dan kuman .

      Ajaran Nabi kita Muhammd Sollallohu alahi wasallam  yang patut dikagumi  adalah seorang Muslim dilarang untuk beristinja dengna tangan kanan , harus dengan tangan kiri , sehingga tangan kanan yang bertugas untuk menyentuh makanan selalu dalam keadaan bersih . Sebab bila beristinja dengan tangan kiri dikawatirkan telur-telur cacing yang terdapat dalam feses masih melekat dalam lipatan kulit dan bawah kuku tangan kiri ,sekalipun telah dibasuh dengan air.

sekian semoga manfaat bagi saya dan sobat sekalian . Ajaran agama bukan saja berhikmah untuk ibadah saja namun juga mempunyai hikmah untuk kesehatan diri kita . wajar dan pantas kita manut kepada ajaran agama sebab agama islam bertujuan untuk membawa kepada keselamatan dunia dan ukhrowi . wallohuaa'lam


hikmah membersuhkan najis
hikmah bersuci

Artikel Terkait